Sabtu, 17 November 2012

TSUNAMI


PenyebabTerjadinya Tsunami
Tsunamiterjadikarenaadanyagangguanimpulsifterhadap air lautakibatterjadinyaperubahanbentukdasarlautsecaratiba-tiba. Initerjadikarenatigasebab, yaitu :gempabumi, letusangunungapidanlongsoran (land slide) yang terjadi di dasarlaut. Dari ketigapenyebab tsunami, gempabumimerupakanpenyebabutama.Besarkecilnyagelombang tsunami sangatditentukanolehkarakteristikgempabumi yang menyebabkannya.
Bagianterbesarsumbergangguanimplusif yang menimbulkan tsunami dahsyatadalahgempabumi yang terjadi di dasarlaut.Walaupunerupsivulkanikjugadapatmenimbulkan tsunami dahsyat, sepertiletusangunung Krakatau padatahun 1883.

Gempabumi di dasarlautinimenimbulkangangguan air laut, yang disebabkanberubahnyaprofildasarlaut.Profildasarlautiniumumnyadisebabkankarenaadanyagempabumitektonik yang bisamenyebabkangerakantanahtegaklurusdenganpermukaan air lautataupermukaanbumi.Apabilagerakantanah horizontal denganpermukaanlaut, makatidakakanterjadi tsunami.
Apabilagempaterjadididasarlaut, walaupungerakantanahakibatgempaini horizontal, tetapikarenaenergigempabesar, makadapatmeruntuhkantebing-tebing (bukit-bukit) di laut, yang dengansendirinyagerakandariruntuhan in adalahtegaklurusdenganpermukaanlaut. Sehinggawalaupuntidakterjadigempabumitetapikarenakeadaanbukit/tebinglautsudahlabil, makagayagravitasidanaruslautsudahbisamenimbulkantanahlongsordanakhirnyaterjadi tsunami. Hal inipernahterjadi di Larantukatahun 1976 dan di Padang tahun 1980.
Gempa-gempa yang paling mungkindapatmenimbulkantsunami adalah :
1. Gempabumi yang terjadi di dasarlaut.
2. Kedalamanpusatgempakurangdari 60 km.
3. Magnitudogempalebihbesardari 6,0Skala Richter.
4. Jenispensesarangempatergolongsesarnaikatausesarturun. Gaya-gayasemacaminibiasanyaterjadipadazonabukaandanzonasesar.
Lida (1970) berdasarkan data tsunami di Jepangmenunjukkanbahwagempa yang menimbulkan tsunami sebagianbesarmerupakangempa yang mempunyaimekanismefokusdengankomponen dip-slip, yang terbanyakadalahtipe thrust (sesarnaik) misalnya tsunami Japan Sea 1983 dan Flores 1992 dansebagiankeciltipe normal (sesarturun) misalnyasanrikuJepang 1993 dan Sumba 1977. gempadenganmekanismefokus strike slip (sesarmendatar) kecilsekalikemungkinanuntukmenimbulkan tsunami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar